Pengertian Serta Langkah - Langkah membuat animasi 3D
Apa sih Blender Itu ?
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Dan,pada pertemuan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial sederhana yang hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini.
Project tugas saya menggunaka blender dengan versi 2.68 a.
1. Langkah pertama membuka aplikasi blender. Setelah itu tekan numpad 7 yang bertujuan camera terlihat dari diatas dan tekan Z untuk melihat kerangka dari UV Sphere. Arahkan kerangka UV Sphere tepat ditengah-tengah, ganti object mode menjadi edit mode serta pilih vertex+face mode.
2. Langkah kedua blok sebagian UV Sphere dengan cara tekan B lalu arahkan kursor keatas dan blok sebagian.
3. Langkah ketiga Hapus yang sudah kita blok tadi dengan pilih delete+face. Terhapus sebagian, pilih modifier –> add modifier –> mirror. Seperti gambar dibawah ini :
Hasilnya seperti ini.
4. Langkah keempat bentuk dari pesawat dengan cara ganti menjadi object mode, kemudian tekan S atau scale dan tekan Y (ke garis Y).
5. Langkah Selanjutnya rubah object menjadi edit mode dan pilih vertex select dan edge select. Pilih kebagian samping dan blok 3 kotak disamping untuk membuat sayap dari pesawat. Kemudian tekan E+X yang nantinya akan ke garis X.
6. Langkah berikutnya bentuk sayap pesawat dengan imajinasi kita dengan mengatur garis-garis vertex.
7. Langkah ketujuh membuat sayap dibelakang dengan cara blok 3 edge dan tekan E+X.
8. Langkah berikutnya Pembuatan sayap atasnya tekniknya sama halnya dengan sayap samping, blok 3 edge bagian belakang atas dan tekan E lalu tarik ke garis Z atau garis berwana biru. Bentuk sayap dengan mengatur vertex-vertex garisnya.
9. Langkah berikutnya Jika sayap semua sudah selesai, sekarang membuat tiang dan rodanya pada pesawat. Pertama membuat tiangnya kita membutuhkan cube, pesawatnya diganti modenya dengan object mode terlebih dahulu dengan tujuan tidak menyatukan object pesawat dengan tiang roda.
10. Langkah kesepuluh Scale cube tadi hingga berbentuk kecil, kemudian cube yang berbentuk kecil tadi kita scale lagi dengan tekan S+Z (kegaris Z) hingga berbentuk tiang kecil.
11. Langkah selanjutnya Rubah kamera menjadi front (Numpad 1) atau back (Numpad ctrl+1), posisikan tiang tersebut dibawah sayap samping.
12. Langkah berikutnya Tambahkan tiang tersebut untuk sayap sampingnya dan didepan dengan cara tekan shift+d lalu arahkan tiang kesayap sampingnya dan depan. Untuk mempermudah rubah kamera di front terlebih dahulu.
13. Langkah berikutnya menambahkan rodanya, kita tambahkan silinder di add –> mesh.
14. Kemudian Ganti silinder dengan mode edit dan pilih vertex select+edge select. Pada bagian atas silinder tekan E kemudian tarik keatas sedikit. Kemudian tekan E lagi dan jangan ditarik keatas, sesudah itu baru di scale kedalam hingga berbentuk bolongan kecil ditengah. Sama halnya dengan dialas bawahnya sama seperti alas atas. Klik kanan ditengah-tengah alas atas atau bawah, kemudian hapus pilih faces. Seperti gambar dibawah ini.
15. Langkah selanjutnya Silinder yang tadi sudah dibuat menyerupai roda dan rotasi silinder tersebut untuk diperkecil. Tepatkan roda ke tiang sayap dan di atur besar kecil rodanya.
16. Langkah berikutnya Jika sudah menempatkan satu roda ke salah satu tiangnya, cukup di perbanyak saja dengan menekan shift+d dan tempatkan roda-roda tersebut ke samping dan depan.
17. Kemudian membuat mesin yang berada di bawah sayap pesawat, saya menggunakan silinder karna silinder masih berbentuk bulat dan masih mudah untuk di bentuk. Tambahkan terlebih dahulu silindernya di add –> mesh –> cylinder.
Bentuk silinder yang tadi sudah ditambahkan, ganti object dengan edit mode serta pilih vertex select+edge select.
18. Selanjutnya Alas atas pada silinder tekan E dan ditarik keatas sedikit, kemudian tekan E kembali namun tidak ditarik keatas. Scale bagian hingga membuat lubang kecil. Alas yang tadi sudah di scale kemudian ditarik kebawah menuju garis Z sekaligus di tarik atas kembali dengan menekan E.
19. Kemudian bentuk alas bawah dengan membuat edge (Tekan E) dan scale alas bawah tersebut. Kemudian bentuk sesuai yang kita inginkan.
20. Kemudian Letakan mesin kipas tersebut dibawah sayap, menduplikkasi mesin kipas tersebut cukup tekan shift+D dan tepatkan posisinya.
21. Langkah berikutnya Memberi tekstur dan material pada object, arahkan terlebihdahulu object mana yang akan diberi tekstu. Kemudian pilih material klik tanda (+) dan klik New.
22. Jika sudah membuat materialnya, menuju tekstur untuk mengimport gambarnya. Pada tekstur terdapat type-type, pilih type image or movie, kemudian open dan pilih dimana gambar yang mau di import.
23. Hasil akhir setelah diberi tekstur dan smooth pada object.
24. Langkah berikutnya Membuat jalan untuk pesawatnya menggunakan plane pada menu mesh.
25. Bentuk plane tersebut dengan scale ke daerah sekitar pesawat. Untuk membuat garisnya harus CTRL+R dan tepatkan pada posisi dimana berbentuk seperti garis-garis jalan. Untuk pewarnaan menggunakan tekstur import gambar biar terlihat bagus.
26. Hasilnya seperti dibawah ini.
27. Selanjutnya membuat animasi pesawat lepas landas. Pertama rubah mode object menjadi edit mode dan pilih object pesawatnya. Klik setiap fps mulai dari 0 dimana object berada di posisi awal. Klik objectnya lalu tekan i dan pilih location. Jika garis frame berwarna kuning maka berhasil untuk frame 1. Untuk frame kedua letakan object ditempat lain, lalu arahkan keyframe 10 atau dimana saja kemudian tekan i kembali lalu pilih location. Lakukan seperti itu terus menerus hingga ditentukan berapa lama keyframe dibuat.
Seperti itulah sedikit informasi dan tutorial yang dapat saya berikan,kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya :)
0 Komentar